Melirik Gurihnya Bisnis Lapangan Futsal, Perhitungan Biaya, Pemilihan Kontraktor Dan Analisa Keuntungan

Melirik Gurihnya Bisnis Lapangan Futsal, Perhitungan Biaya, Pemilihan Kontraktor Dan Analisa Keuntungan

Analisa Bisnis Lapangan Futsal. Sebelum memulai bisnis lapangan futsal Anda perlu mempertimbangkan beberapa point utama sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini.

Point-point utama sebelum Anda memulai bisnis sewa lapangan futsal adalah :

  1. Peluang Bisnis Lapangan Futsal di kota Anda
  2. Perhitungan Kebutuhan Modal Biaya Pembuatan Lapangan Futsal
  3. Pemilihan Kontraktor lapangan futsal dan vendor penyedia lantai interlock futsal
  4. Analisa Break Event Point (BEP) dan Keuntungan
  5. Resiko Bisnis Lapangan Futsal

Baik mari kita bahas point demi point tersebut untuk Analisa Bisnis Lapangan Futsal.

Analisa Bisnis Lapangan Futsal

1. Peluang Bisnis Lapangan Futsal di kota Anda

Hal ini penting sekali untuk disurvei terlebih dahulu apakah bisnis lapangan futsal ini cocok di kota Anda atau tidak. Misalkan saja kalo di kota Anda banyak pelajar dan mahasiswa tentu ini sangat berpotensi untuk menjalankan bisnis lapangan futsal ini. Karena kebanyakan penggemar olah raga futsal adalah anak-anak muda.

Berbeda tentunya kalau di kota Anda kebanyakan penduduknya adalah para pekerja dan pensiunan. Maka peluang bisnis lapangan futsal kurang bagus, karena kebanyakan energinya untuk berolahraga di hari-hari kerja sudah terkuras habis. Jadi kemungkinan peluangnya hanya pada hari libur saja. Itupun mungkin tidak terlalu banyak.

Jadi ada baiknya Anda mencari data yang valid tentang jumlah penduduk berdasarkan penggolongan usia dari kantor BPS setempat. Jadi dirasa terlalu rumit, maka cara yang paling mudah adalah Anda cukup menghitung jumlah sekolah SMP, SMA dan Universitas yang ada di kota Anda. Jika jumlahnya cukup banyak maka peluang bisnis lapangan futsal ini cukup bagus.

2. Perhitungan Kebutuhan Modal Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

No. Modal Awal Jumlah
1.

2.

3.

4.

 

5.

Pembuatan Pondasi dan lantai cor

Konstruksi Baja (tiang dan atap)

Lantai interlock futsal

Perlengkapan lapangan futsal (lampu, bola dll)

Bangku penonton

Rp             80.000.000,-

Rp          240.000.000,-

Rp          140.000.000,-

Rp               6.000.000,-

 

Rp             10.000.000,-

Total modal bisnis lapangan futsal Rp          476.000.000,-

 

Perhitungan ini tidak termasuk nilai lahan, dikarenakan nilai lahan akan masuk perhitungan nilai properti tersendiri. Nilai properti di masing-masing daerah tidak sama. Begitu pula dengan kenaikan nilai properti itu sendiri sangat dipengaruhi oleh perkembangan perekonomian di lingkungan sekitarnya.

3. Pemilihan Kontraktor lapangan futsal dan vendor penyedia lantai interlock  futsal

Biaya pembangunan lapangan futsal memang menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam pemilihan kontraktor lapangan futsal. Namun demikian faktor kualitas juga harus benar-benar diperhatikan.

Dalam hal ini Anda akan sama-sama mengeluarkan biaya besar, akan tetapi perbedaan sedikit saja bisa menyebabkan hasil yang berbeda. Tentunya Anda tidak ingin bangunan lapangan futsal itu nanti hanya bertahan 1 atau 2 tahun saja. Namun setelah itu mulailah terjadi kerusakan. Misalnya pada lantai cor terjadi retak, bahkan turun permukaannya.

Sehingga ada beberapa bagian yang tidak rata. Memang terlihat lebih murah di awal, tetapi ketika ada kerusakan seperti tersebut diatas, maka biaya yang akan dikeluarkan menjadi lebih banyak. Belum lagi Anda harus menutup sementara lapangan futsal karena ada perbaikan. Maka hilanglah potensi pendapatan selama masa perbaikan.

Jadi carilah kontraktor lapangan futsal yang telah berpengalaman dalam pengerjaan konstruksi lapangan futsal. Sehingga Anda tidak perlu kecewa dan merugi dikemudian hari.

4. Analisa Keuntungan dan Return on Investment (ROI)

Jika bisnis lapangan futsal Anda mulai dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang mematok tarif mulai Rp 100.000 perjam. Dan Rp 120.000 per jam untuk malam hari hingga buka sampai jam 10 malam atau sesuai dengan kebijakan pelaku usaha maka perhitungan keuntungan adalah sbb:

Jika diasumsikan setip jamnya selalu ada yang menyewa lapangan futsal anda maka Rp 100.000 x 7 jam dapat menghasilkan sebanyak Rp 700.000,-

Ditambah untuk jam malamnya Rp 120.000 x 8 jam = Rp 960.000,-

Maka dalam 1 hari omset yang Anda dapatkan sebesar Rp 1.660.000 perharinya.

Sehingga dalam 1 bulan akan diperoleh pendapatan sebesar Rp 1.660.000 x 30 = Rp 49.800.000,-

Penghasilan bersih tambahan dari penjualan minuman, snack, rompi, sepatu dll misalkan Rp. 300.000,- per hari. Maka keuntungan tambahan selama 1 bulan Rp 300.000 x 30 = Rp. 9.000.000,-

Jadi penghasilan total selama 1 bulan adalah Rp 58.800.000,-

Biaya-biaya operasional rutin yang dikeluarkan adalah :

  1. Biaya gaji karyawan 3 orang Rp 1.500.000 x 3 = Rp 4.500.000,-
  2. Biaya listrik Rp 1.000.000,-
  3. Biaya Wifi Rp 450.000,-
  4. Biaya lain-lain Rp. 300.000,-

Total Biaya Operasional rutin adalah Rp. 6.250.000,-

Maka keuntungan bersih selama 1 bulan sebesar Rp 58.800.000 – Rp 6.250.000 = Rp 52.550.000,-

Menghitung ROI :

Definisi ROI adalah total biaya yang diinvestasikan telah kembali seluruhnya dari akumulasi keuntungan/profit yang dihasilkan setiap bulan.

ROI = ( Total Penjualan – Investasi ) / Investasi x 100%

Atau

ROI = Keuntungan / Investasi x 100%

Sehingga besar ROI = Rp. 52.550.000 / Rp. 476.000.000 x 100% = 11,04% / per bulan

Maka hanya dibutuhkan kurang lebih 9 bulan Anda akan mendapatkan kembali modal awal investasinya.

Bagaimana? Investasi yang cukup menarik bukan.

5. Resiko Bisnis Lapangan Futsal

Setiap bisnis pasti ada resikonya. Mari kita gunakan metode SWOT untuk menganalisa keuntungan dan kerugian bisnis lapangan futsal.

Analisa SWOT

– Strenght (Kekuatan) : Pengusaha mementingkan kualitas lapangan futsal terbaik, dengan fasilitas lapangan futsal yang lengkap dan service yang memuaskan sehingga membuat orang tertarik untuk selalu menyewa lapangan futsal yang Anda miliki.

– Weakness (Kelemahan) : Perawatan lapangan futsal terkadang bisa membutuhkan biaya perawatan cukup besar ketika ada kerusakan pada lantai cor, bola dan fasilitas lapangan lain yang diakibatkan kualitas bangunan yang kurang bagus.

– Opportunities (Peluang) :  Banyak yang membutuhkan penyewaan lapangan untuk bermain sepak bola, karena sekarang sudah jarang ada lapangan di kota. Selain itu kebutuhan olahraga untuk kesehatan sudah mulai dipikirkan banyak orang terutama anak-anak muda yang ingin berolahraga dengan teman-teman sekolahnya.

– Threats (Resiko) : Banyak pesaing yang memiliki harga sewa murah dengan fasilitas lapangan yang mungkin lebih bagus, sehingga Anda harus mempertimbangkan kembali harga sewa lapangan dengan keuntungan yang akan didapat jika ingin bersaing dengan pengusaha lainnya.

Demikian artikel tentang Analisa Bisnis Lapangan Futsal. Semoga bermanfaat buat Anda.

Anda Mencari Kontraktor Lantai Lapangan Olahraga Terbaik ?

Silakan hubungi nomor  0822-7881-1199 (Andika Gunawan).

Konsultasi Gratis!https://ultimatesport.co.id/jual-interlock-futsal/

Baca juga : Harga Interlock Futsal dan Jual Interlock Futsal