Cara Pemilihan Karpet Badminton

Cara Pemilihan Karpet Badminton. Pernahkah Anda main bulutangkis di sebuah lapangan khusus? Adapun contohnya seperti dalam sebuah GOR atau gedung olahraga dengan ruangan tertentu, biasanya lapangan bulutangkis yang sifatnya indoor.

Jika ya, maka Anda bakal disuguhkan dengan berbagai macam fasilitas lengkap serta menarik untuk memenuhi segala kebutuhan para penggunannya.

Bahkan untuk lapangan bulutangkis sendiri dibuat sedemikian rupa yang mempunyai standar keamanan serta kenyamanan terbaik, mulai dari ukuran, bentuk, desain, tujuan pembuatan bahkan kelengkapan fasilitas didalamnya seperti karpet.

Tidak sama seperti karpet rumahan pada umumnya terbuat dari kain melainkan karpet untuk lapangan badminton dibuat dari material khusus yang jenisnya berbagai macam.

Salah satunya seperti vinyl dimana mempunyai tekstur lebih empuk dan halus dibandingkan dengan interlock ataupun semen biasa.

Kalau Anda perhatikan, kebanyakan lapangan untuk permainan bulutangkis memang dibuat ala kadarnya saja. Hal tersebut karena tujuannya digunakan untuk kegiatan luar ruangan saja sehingga kurang diperhatikan berbagai macam faktor tambahan lain.

Yang penting sudah memasang net atau jaring pembatas maka dianggap lebih dari cukup. Padahal apabila kegiatan olahraga ingin berjalan lancar, nyaman sekaligus aman maka pengelola tempat sebaiknya memerhatikan banyak hal terlebih dahulu.

Terlebih lagi kalau arena badminton berada dalam ruangan sehingga butuh perawatan lebih baik agar terlihat rapi serta tahan lama sehingga digunakan karpet sebagai pelapis lantai.

BERBAGAI MACAM JENIS KARPET LAPANGAN BULUTANGKIS

Kalau zaman dahulu, permainan bulutangkis dilakukan di berbagai tempat dengan luas dan syarat memadai.

Namun sekarang sudah ada tempat tertentu dengan ukuran sendiri dan kelengkapan lainnya agar kegiatan oalahraga berjalan lancar.

Sementara itu, pemasangan karpet lapangan bulutangkis tersedia beberapa macam jenis seperti material terbuat dari vinyl, interlock dan lain sebagainya.

Namun paling banyak orang memilih vinyl dengan beragam alasan, diantaranya harga lebih terjangkau dan mudah dibeli di pabrik maupun distributor terdekat bahkan Anda tak perlu pesan secara online.

Vinyl sendiri merupakan bahan terbuat dari PVC dengan karakteristik permukaan halus, empuk dan awet tahan lama meskipun dipakai selama puluhan tahun sekalipun. Itulah sebabnya mengapa masyarakat terutama pengelola bisnis bidang olahraga menggunakan material tersebut dibandingkan dengan lainnya.

Tak hanya vinyl saja melainkan ada interlock dimana seirngkali digunakan pula untuk melapisi lantai lapangan tennis, basket, bahkan futsal. Ketimbang dengan karpet sintetis, rupanya bahan interlock terbilang awet bahkan terhitung 5 tahunan lebih.

Selain itu keunggulan lainnya yaitu menawarkan macam-macam warna menarik serta mencolok sehingga bisa menarik perhatian pengguna atau pengunjung gedung olahraga bulutangkis.

Akan tetapi kelemahannya sendiri terletak pada harga yang cukup mahal dibandingkan dengan vinyl serta teksturnya keras dan bisa membuat pemain cidera ketika terjatuh.
Baca Juga : Harga Karpet Badminton

TIPS LENGKAP DAN JITU MEMBELI KARPET LAPANGAN BULUTANGKIS

Berbeda dengan futsal karena olahraga bulutangkis membutuhkan lantai dengan permukaan datar, padat dan agak keras. Tujuannya adalah agar pergerakan pemainnya lebih leluasa, fleksibel, tidak mudah terjatuh dan lincah.

Namun kebanyakan lantai lapangan bulutangkis sifatnya licin, terlebih lagi ketika terkena air, udara lembab maupun tetesan keringat.

Masalah tersebut mungkin saja sepele tetapi mampu mengakibatkan masalah besar, contohnya saja pemain cidera, mudah tergelincir atau terpleset, terjatuh dan mengalami luka yang cukup parah.

Cara Pemilihan Karpet Badminton untuk lapangan olahraga maka harus disesuaikan dengan jenis olahraganya. Pengaturan ini tergantung pada tujuan lantai karpet yang dipasang. Dalam permainan bulutangkis, penggunaan karpet bulutangkis bertujuan untuk membuat pemain lebih mudah untuk bergerak, fleksibel dan tidak jatuh dengan mudah karena lantai licin dan sebagainya.

Untuk itu, lapangan bermain badminton membutuhkan bahan yang memiliki permukaan yang solid, sedikit keras dan datar. Permukaan yang tidak begitu keras dimaksudkan untuk mencegah pemain jatuh terlalu sakit. Kebanyakan pemilik lapangan badminton tidak memperhatikan hal ini sehingga asal dalam pemilihan karpet badminton. Berikut adalah tips untuk menentukan pilihan dan memasang karpet bulutangkis.

Cara Pemilihan Karpet Badminton dan Memasang Karpet Bulutangkis Yang Tepat

  1. Lingkungan karpet

Lapangan bulutangkis kadang-kadang bisa berada di dalam gedung atau di luar gedung. Jika lapangan bulutangkis dirancang untuk di luar dari gedung, maka pemilihan karpet harus mempertimbangkan lebih banyak hal daripada lapangan di dalam gedung.

Faktor umur pemakaian yang panjang tentu saja salah satu hal yang sangat dipertimbangkan. Selain itu, karpet yang dipasang di luar ruangan sangat rentan rusak oleh air hujan atau terkena panas langsung dari matahari. Oleh karena itu, pilih karpet di luar gedung yang memiliki kualitas terbaik, tahan lama, cepat penyerap air dan tahan panas.

Adapun karpet di dalam gedung, pemilihannya cenderung lebih mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memilih karpet yang memiliki tekstur lembut, lembut dan mempunyai daya rekat yang bagus.

  1. Jenis bahan karpet yang digunakan

Jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan karpet bulutangkis sangat bervariasi. Seleksi itu sendiri sesuai dengan anggaran dan tujuan dari situs instalasi mengingat bahwa harga karpet bulutangkis sangat bervariasi tergantung pada jenis bahan.

Ada 5 jenis bahan karpet lapangan bulutangkis yang umumnya dipasarkan. Salah satunya yang sering digunakan untuk pertandingan bulu tangkis profesional adalah bahan sintetis pvc (lantai vinyl). Keuntungan dari jenis karpet badminton ini adalah bahwa ia mempunyai sifat kekuatan lentur namun kuat sehingga sangat nyaman bagi pemain untuk digunakan. Juga, karpet badminton ini lebih kesat sehingga tidak licin bila digunakan.

Selain PVC sintetis, ada juga bahan lain seperti papan kayu atau parket, karpet PU silikon, PP interlocking dan PP Modular Interlock. Untuk lapangan outdoor, sangat cocok untuk memilih bahan interlocking modular PP.

  1. Ukuran lapangan

Ukuran standar lapangan bulutangkis sesuai dengan aturan internasional adalah 6,1 m lebar dan 13,4 m panjang. Namun terkadang karena kondisi lahan yang tersedia terbatas maka ukuran yang dipakai menjadi tidak standart. Oleh karena itu, menyesuaikan ukuran karpet akan disesuaikan dengan ukuran lapangan bulutangkis Anda ingin pasang karpet.

  1. Pemasangan Lampu di gedung GOR

Untuk lapangan bulutangkis di dalam gedung, tentu saja, penggunaan karpet akan sangat dipengaruhi oleh pencahayaan lampu yang cukup terang. Pilih karpet dengan warna yang tidak membuat mata Anda silau dengan membuat garis batas tidak terlihat. Umumnya, warna lapangan dipilih warna biji-bijian hijau, lecy, cokelat kayu, biru dan pasir. Untuk tekstur, pilih tekstur gem, sand dan grid.

  1. Karpet Bulutangkis memiliki kemampuan untuk menyerap getaran, dan suara

Untuk menjaga sendi dan kaki pemain agar tidak mudah terluka dan lelah saat bermain, pilih karpet yang memiliki kemampuan untuk menyerap beban tekanan kaki pemain. Pilih karpet bulutangkis dengan kapasitas penyerapan dampak lebih dari 50% menurut DIN-18032. Karpet yang bagus adalah karpet yang juga mampu mengurangi kebisingan karena gesekan kaki.

 

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Tunggu apalagi, penawaran terbaik bisa anda dapatkan di Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi nomor WhatsApp di 082278811199.