ANALISIS MODAL DAN KEUNTUNGAN BISNIS LAPANGAN OLAHRAGA

ANALISIS MODAL DAN KEUNTUNGAN BISNIS LAPANGAN OLAHRAGA

Anda Mencari Kontraktor Lantai Lapangan Badminton Terbaik ?
Silakan hubungi nomor 0822-7881-1199 (Andika Gunawan). Konsultasi Gratis!

Analisis Modal Dan Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton. Olahraga badminton sangat digemari oleh kaum milenial saat ini. Sehingga Usaha persewaan lapangan badminton dikenal sebagai salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan. Maka tidak heran jika sampai saat ini semakin banyak para pebisnis yang mencoba menggeluti jenis bisnis lapangan badminton. Nah kabar baiknya adalah bahwa ternyata untuk memulai bisnis lapangan badminton bukanlah hal yang sulit. Anda tidak perlu bingung karena PT. Raga Gunawan Mandiri siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi (Gratis) sampai dengan pemasangan Lapangan badminton. Nah bagaimana ??? masih belum yakin untuk memulai bisnis lapangan badminton?

Kenapa lapangan badminton sangat dicari para penggemar olahraga bulutangkis? Karena saat ini semakin banyak orang menggemari olahraga ini, sementara ketersediaan lapangan bulutangkis yang memenuhi standart BWF (Badminton World Federation) sangat jarang sekali. 

Bisnis lapangan badminton juga disebut sebagai bisnis modern ala healthy lifestyle. Jadi sering kali lapangan badminton juga dijadikan ajang pertemuan untuk menjalin hubungan bisnis.

Analisa Bisnis Lapangan badminton

Sebelum terjun ke bisnis lapangan badminton, memang ada baiknya Anda pelajari dulu hitungan bisnisnya. Biar tidak seperti membeli kucing dalam karung :). Oleh karenanya Anda harus tahu Analisis Modal Dan Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton.

Baiklah, biar Anda tidak penasaran mari kita ulas sedikit tentang Analisa bisnis lapangan badminton dan perhitungan biayanya. Hal ini penting untuk Anda ketahui sebelum akhirnya Anda benar – benar terjun ke bisnis tersebut. 

Analisis Modal Dan Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton

Modal yang perlu disiapkan tidak terlalu besar. Modal akan dipergunakan untuk pembelian lantai karpet lapangan badminton, dan pembelian berbagai perlengkapan olahraga badminton. Untuk arena lapangan badminton Anda bisa menggunakan lantai vinyl

Untuk pembelian lahan dan pembangunan gedung tidak kita bahas dalam Analisis Modal Dan Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton ini. Karena harga tanah atau properti setiap daerah tentulah tidak sama. Dan tentunya dalam hal ini pembelian aset merupakan investasi jangka panjang yang nilainya secara umum akan naik dari waktu ke waktu. 

Apabila Anda akan membuat lapangan badminton standar dengan ukuran 6,1 x 13.04 m, maka biaya pemasangan lapangan badminton berupa lantai vinyl /karpet lapangan badminton beserta perlengkapannya berkisar antara Rp 45 juta. Sedangkan untuk modal membuat kantin sekitar Rp. 5 juta.

Jadi modal awal bisnis lapangan badminton yang harus Anda siapkan selain tanah dan bangunan kurang lebih sebesar Rp 50 juta. Modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar lagi jika Anda tidak memiliki lahan dan bangunan untuk memulai bisnis yang satu ini. Nah langkah selanjutnya yang perlu Anda tahu tentunya adalah perkiraan pemasukan dan biaya operasional bisnis lapangan badminton ini. Dengan begitu Anda akan tahu berapa lamanya modal yang sudah Anda investasikan untuk memulai bisnis lapangan badminton akan kembali. Atau secara singkatnya Anda bisa menyimpulkan layak dan tidaknya bisnis lapangan badminton ini.

Analisis Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton

Jika diasumsikan biaya sewa lapangan badminton sebesar Rp 40 ribu – Rp 50 ribu per jam dan lapangan badminton tersebut buka 10 jam setiap harinya, maka total minimal pemasukkan yang bisa didapatkan per hari Rp 40 ribu x 10 jam x 30 hari = Rp 12 juta.

Lalu untuk pemasukan dari parkir, kantin, dan usaha merchandise sebesar Rp 100 ribu per hari. Maka pendapatan tambahan selama 1 bulan sekitar Rp 100 ribu x 30 hari = Rp 3 juta. Sehingga total keseluruhan pemasukan dalam satu bulan yang bisa didapatkan Rp.15 juta.

Untuk biaya pengeluarannya sendiri diantaranya sebagai berikut.

  • Gajih karyawan 2 orang Rp 1 juta = Rp 2 juta
  • Biaya listrik 1.300 watt Rp 500 ribu
  • Fasilitas televisi dan koneksi internet atau WiFi Rp 500 ribu
  • Biaya penyusutan lapangan badminton selama 5 tahun 

Rp 50 juta/60 bln = Rp 835 ribu

  • Biaya lain-lain Rp 100 ribu
  • Total Rp 3.935.000

Jadi untuk total pemasukan bersih yang didapatkan untuk satu lapangan badminton saja adalah :

 = Rp 15.000.000 – Rp 3.935.000 = Rp 11.065.000 per bulan. Sehingga modal akan balik dalam waktu kurang lebih 5 bulan. 

Jadi setelah lewat 5 bulan Anda bisa mendapatkan pendapatan bersih Rp 11.065.000 per bulannya untuk 1 lapangan badminton. Jika dalam satu gedung dapat digunakan untuk 2 lapangan vinyl badminton tentunya dapat menghasilkan lebih banyak pundi-pundi uang buat Anda. Dan tentunya nilai properti atas tanah dan bangunan yang Anda miliki juga akan semakin mahal karena prospek bisnis lapangan badminton yang sangat menguntungkan yang ada di atas lahan tersebut.  

Tips Bisnis Lapangan badminton Bagi Pemula

Menjaga kualitas layanan

Tips bisnis lapangan badminton bagi pemula yang pertama adalah dengan menjaga kualitas layanan yang diberikan. Dalam hal ini Anda sebagai pelaku bisnis harus memastikan kondisi lapangan badminton selalu dalam keadaan baik, toilet yang bersih, ruang ganti bersih, parkir aman, mendapat dukungan sarana hiburan, dan lain – lain.

Memberikan tarif sewa lapangan badminton yang terjangkau

Setiap pelaku bisnis pastinya ingin mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya, tapi jangan lantas hal demikian membuat Anda memberikan tarif sewa lapangan badminton dengan harga terlalu tinggi. Sebaiknya Anda berikan tarif sewa dengan harga terjangkau asal tidak membuat Anda merugi. Misalnya saja dengan memberikan harga sewa lapangan badminton di pagi dan siang hari lebih murah, namun di sore dan malam hari ada harga yang lebih mahal untuk penyewaan lapangan badminton.

Menawarkan program membership

Program satu ini juga bisa Anda jadikan andalan agar pengunjung selalu datang. Berilah fasilitas khusus bagi membership, seperti harga sewa lapangan badminton yang lebih murah, mendapat jam – jam prime time, bebas parkir, atau yang lainnya.

Menyediakan perlengkapan pendukung

Jangan lupa juga untuk menyediakan perlengkapan badminton yang mendukung, seperti sepatu, jersey, kaos kaki, dan lain – lain. Penyediaan perlengkapan tersebut bisa dikenakan tarif harga spesial atau bisa pula Anda gratiskan khusus bagi mereka yang memiliki membership.

Menggelar kompetisi secara berkala

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengadakan kompetisi secara berkala agar tidak terlalu monoton dan membosankan. Kompetisi yang seperti ini tentu saja juga bisa dijadikan sebagai strategi market di bisnis lapangan badminton. Mereka pastinya akan lebih semangat untuk datang ke tempat penyewaan lapangan badminton milik Anda.

Mengajukan kerjasama dengan pihak lain

Dalam bisnis lapangan badminton, lokasi berbisnis merupakan ruang publik yang cukup menarik sekali untuk dijadikan sebagai tempat sponsor untuk memasarkan produk mereka. Makanya tidak ada salahnya juga untuk menyewakan bagian dinding di lapangan badminton yang Anda miliki tersebut sebagai tempat promosi produk sponsor. Langkah demikian tentu saja akan menjadi sumber pendapatan lain diluar penyewaan lapangan badminton.

Menu di kantin yang menggugah

Tersedianya kantin di area lapangan badminton yang Anda miliki pastinya menjadi nilai plus tersendiri. Bisa saja mereka yang datang tidak semata – mata untuk olahraga, tetapi sekadar ingin mencicipi makanan yang ada di kantinnya.

Lapang badminton sudah menjamur di kota-kota besar dan pedesaan di Indonesia. Dan sewa lapangan badminton merupakan bisnis yang menjanjikan. Soalnya bisnis tersebut tidak mengenal perubahan zaman dan tidak lekang oleh zaman berbeda dengan bisnis pakaian, makanan, dan lain-lain. Bisnis tersebut tidak hanya menjamur di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan kota besar lainnya. Tetapi sudah di hampir seluruh pelosok negeri Indonesia. Sehingga lapangan badminton merupakan solusi bagi para hobi olahraga tersebut dengan keadaan kota yang sangat sempit untuk lahan bermain dan dibutuhkan tempat lapangan olahraga badminton yang nyaman, baik dan lain-lain. Dan alhamdulilah pula bisnis ini secara finansial sangat menjanjikan sehubungan hobi olahraga tersebut sangat femiliar di kalangan masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua sangat menyukainya.

Badminton merupakan cabang olahraga yang sangat konsisten keberadaannya di Indonesia karena tidak dipungkiri bahwa olahraga ini yang membawa nama harum bangsa Indonesia di kanca dunia akan prestasi yang diraihnya. Banyak orang yang ingin main badminton tapi terkendala dengan tempat yang layak dan menjamin keselamatan, khususnya di kota Bandung Timur banyak tempat lapangan badminton yang disewakan tapi yang memenuhi kriteria hanya beberapa saja. Sehingga disini saya membuat usaha bisnis tersebut sesuai dengan kriteria dan standar nasional.

ANALISIS MODAL DAN KEUNTUNGAN BISNIS LAPANGAN OLAHRAGA

Butuh Info? Kami Siap Melayani 082278811199

Jasa Pembuatan Lapangan

Nah bila kita cermat lihat satu kesempatan usaha untuk sediakan fasilitas berolahraga, baik berolahraga indoor dalam ruang, ataupun outdoor di luar ruang untuk penuhi keperluan juga akan sarana itu, jadi ini waktunya untuk Anda. Terlebih bila kita miliki tanah yang lumayan luas, yg tidak terpakai, jadi ini dapat jadikan satu sarana berolahraga untuk disewakan pada customer. Lapangan olah raga yang dapat kita sewakan yaitu type olahraga tenis, badminton, sepakbola, Futsal, sepak takraw dan lapangan bola Voley.

Jika kita miliki tanah yang luas serta uang yang besar, jadi kita dapat bangun lapangan berolahraga yang lengkap, namun bila kondisi uangnya minim atau modalnya kurang, jadi kita dapat bangun lapangan berolahraga 1 type saja. Apakah lapangan badminton, lapangan sepak bola, lapangan bola Voley, lapangan Futsal atau yang lain.

 

Baca Juga : Lapangan Badminton  dan Harga Karpet Badminton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *