Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Butuh info ? Kami Siap melayani
082278811199
Jasa Pembuatan Lapangan

Ukuran :

Lapangan Futsal berupa persegi panjang, dengan ukuran seperti berikut :

* Panjang : 25 – 42 m.

* Lebar : 15 – 25 m.

Ukuran standard kompetisi futsal internasional :

* Panjang : 38 – 42 m.

* Lebar : 18 – 25 m.

Sinyal Lapangan :

  1. Lapangan diikuti dengan garis pembatas lapangan. Garis yang memiliki ukuran lebih panjang dimaksud garis samping (touch line), tengah garis yang lebih pendek yaitu garis gawang (goal line).
  2. Lebar garis pembatas 8 cm.
  3. Lapangan dibagi jadi dua sisi yang sama luas serta di beri garis. Garis ini dimaksud garis tengah.
  4. Titik tengah diikuti dengan titik pas di dalam lapangan, lantas garis melingkar di buat dengan titik pusat di titik tengah itu dengan jari-jari lingkaran 3 m.

Ruang Penalti

Daerah dimuka gawang yang diikuti dengan garis 1/2 lingkaran dimaksud daerah penalti. Pemilihan areal penalti yaitu :

  • Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m didalam lapangan dengan titik pusat tiap-tiap tiang gawang.
  • Satu ujung setiap garis seperempat lingkaran melekat di garis gawang. Satu ujung yang lain pas ada dimuka tiap-tiap tiang gawang. Ke-2 ujung yang ada dimuka ke-2 tiang gawang dikaitkan dengan garis lurus selama 3, 16 m sejajar dengan garis gawang. Kenapa mesti 3, 16 m? Karna 3, 16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang serta diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yang semasing diameternya 8 cm.

Titik Penalti Pertama :

Tempatnya berjarak 6 m dari titik tengah pada ke-2 tiang gawang.

Titik Penalti Ke-2 :

Tempatnya berjarak 10 m dari titik tengah pada ke-2 tiang gawang.

Daerah Sepakan Sudut

Di tiap-tiap semasing pojok lapangan di buat seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.

Daerah Bebas

Daerah bebas ini terdapat di lima mtr. seputar garis tengah lapangan. Jarak meja wasit ke-3 ini minimum dua mtr. dari garis pinggir lapangan.

Daerah Perubahan Pemain

Lima mtr. sesudah garis daerah bebas yaitu daerah perubahan pemain. Daerah ini diikuti dengan garis yang memotong garis samping. Lebar garis ini yaitu 8 cm, serta panjangnya 80 cm (40 cm didalam lapangan, 40 cm diluar lapangan).

Gawang

Gawang mesti diletakkan dibagian tengah semasing garis gawang. Lebar gawang yaitu 3 m diukur dari sisi dalam tiang. Sedang tinggi gawang yaitu 2 m diukur dari sisi dalam tiang palang atas gawang ke lantai.

Jaring gawang memiliki bahan nilon, yang diikatkan ke tiang serta palang gawang. Kedalaman gawang yaitu 80 cm untuk sisi atas gawang, serta 100 cm untuk sisi bawah.

Permukaan Lapangan

Permukaan lapangan mesti halus, rata serta tidak licin. Bahan yang dianjurkan yaitu kayu/parkit. Begitu tidak dianjurkan memakai bahan beton serta paving stone. Penentuan bahan permukaan lapangan ini mempunyai tujuan memprioritaskan keselamatan pemain futsal.

Ketentuan :

  1. Jika garis gawang pada 15-16 m, radius seperempat lingkaran cuma diukur sebesar 4 m. Dalam hal semacam ini titik penalti tak akan diletakkan pada garis yang dibatasi daerah penalti, tapi ada pada jarak 6 m dari titik tengah pada tempat ke-2 tiang gawang.
  2. Garis bisa digambarkan di luat lapangan, 5 m dari pojok lapangan serta pada pojok kanan serta kiri dari garis gawang untuk meyakinkan jarak ini bisa dilihat apabila sepakan pojok dikerjakan. Lebar garis ini 8 cm.
  3. Dua garis penambahan dengan semasing jarak 5 m pada kanan serta kiri titik penalti ke-2 untuk melukiskan jarak penilaian saat sepakan bebas dikerjakan dari titik penalti ke-2.
  4. Tempat duduk pemain cadangan ada di belakang garis pembatas lapangan, pas di samping daerah bebas yang ada dimuka meja pencatat saat (time keeper).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *