Untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat senang olahraga futsal, maka harus membuat lapangan futsal rumput sintetis terutama pada daerah perkotaan atau semi kota. Lebih lanjut penyediaan dari lapangan futsal sintetis dapat dijadikan sebagai suatu bisnis yang cukup menguntungkan. Akan tetapi sebelum berniat untuk membangun bisnis penyewaan lapangan futsal harus dilandasi dengan adanya estimasi modal. Penentuan dari estimasi biaya pembuatan lapangan futsal rumput sintetis tersebut tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak.

Oleh karena itu perlu adanya informasi terkait pembuatan lapangan futsal beserta rincian biaya jasa pembuatannya yang dapat dilihat pada ulasan berikut ini.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Interlock

Umumnya terdapat tiga jenis lapangan futsal yang dapat dipilih berdasarkan pemilihan lantainya. Salah satu dari ketiga jenis tersebut adalah lapangan futsal interlock yang paling sering digunakan untuk saat ini. Hal tersebut dikarenakan jenis lantai dari lapangan interlock memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya yaitu lapangan vinyl.

Selain itu jenis lapangan futsal interlock juga memiliki kualitas yang cukup baik untuk digunakan bermain. Adapun bahan yang digunakan pada lantai lapangan futsal interlock adalah plastik polyethylene. Lapangan futsal jenis ini memiliki konsep sama dengan penyebutannya yaitu lock yang berarti pemasangan model dengan saling mengunci satu sama lain.

Pada jenis lapangan futsal yang lain yaitu lapangan rumput sintetis digunakan adanya serbuk hitam. Akan tetapi berbeda halnya dengan lapangan futsal interlock yang tidak menggunakan komponen tersebut. Tidak adanya penambahan serbuk hitam membuat pemain futsal yang sedang bermain di atas lapangan interlock tidak akan khawatir jika pakaian atau kakinya kotor.

Kelebihan dari lapangan futsal interlock dapat didesain sesuai dengan selera yaitu dalam pemilihan warna lantai lapangannya. Hal tersebut juga dapat menjadi sebuah inovasi baru yang menjadikan lapangan futsal tampak lebih berwarna dan tajam. Sehingga lapangan jenis ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau pemilihan lapangan futsal itu sendiri.

Sementara itu estimasi biaya pembuatan lapangan futsal rumput sintetis yang dikeluarkan untuk membangun lapangan futsal jenis interlock tidak dapat dikatakan murah. Kisaran harga tersebut yaitu membutuhkan dana sekitar 140 juta rupiah untuk dapat membangun lapangan futsal jenis ini.

Harga yang disebutkan tersebut merupakan biaya keseluruhan dari pembuatan lapangan kecuali biaya pembelian tanah. Seperti pemasangan aksesoris, jaring sekeliling lapangan, biaya transport tukang, dan lain sebagainya.

Bagi calon pebisnis yang ingin memilih jenis lapangan futsal ini namun terkendala dalam penyediaan dana. Maka harus memikirkan rencananya secara matang serta mempersiapkan modal yang lebih maksimal. Adapun rincian dari biaya estimasi pembuatan lapangan futsal interlock dapat dilakukan dengan sebuah pemisalan.

Sebagai suatu contoh yaitu ukuran dari lapangan yang ingin dibangun adalah 26 x 16 m. Pada ukuran lapangan tersebut diperoleh luas sebesar 416 m kuadrat yang harus dikalikan dengan biaya per meternya yaitu Rp250.000. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh hasil sebesar 104 juta yang sudah termasuk biaya underlayer, line garis, dan juga biaya pasangnya.

Tidak hanya itu juga terdapat kebutuhan yang lainnya yaitu untuk jaring keliling polietilena besar benang d 60 mm dengan diameter lubang sebesar 4 mm senilai 22 juta. Biaya tersebut juga sudah termasuk harga selling, dinabolt, dan juga biaya pasangnya.

Selain itu juga membutuhkan peralatan pendukung lainnya yaitu berupa gawang satu set beserta jaringannya. Biaya untuk pengeluaran tersebut adalah sebesar Rp4.500.000. Jika seluruh biaya yang dibutuhkan tersebut di total maka akan menghasilkan nilai sebesar Rp.130.500.000. Perlu juga diketahui bahwa biaya pemasangan dari lapangan futsal tersebut merupakan harga diluar mobilitas barang dan juga ongkos tukang PP.

Rumput Sintetis

Jenis lapangan selanjutnya yang dapat dipilih adalah menggunakan lantai dengan rumput sintetis. Sama seperti jenis-jenis sebelumnya lapangan futsal untuk sintetis juga sangat digemari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan penggunaan rumput sintetis memiliki kesan lebih nyata dalam menghadirkan lapangan futsal.

Selain itu jenis lapangan ini juga memiliki sifat lebih aman, nyaman, dan juga terlihat lebih menarik. Jika dibandingkan dengan jenis lapangan futsal lainnya dikarenakan menyerupai bentuk asli dari lapangan futsal. Adapun pengeluaran untuk biaya membuat lapangan futsal sintetis ini juga tidaklah sedikit.

Terlebih saat ini penggunaan rumput sintetis juga diharuskan untuk menambahkan serbuk hitam dari karet pada pemasangannya. Selain itu jenis lapangan futsal ini juga memiliki harga perawatan yang cukup besar terkait dengan pemberian serbuk hitam tersebut.

Estimasi Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Vinyl

Jenis lapangan kedua yang dapat dipilih untuk pembuatan lapangan futsal adalah lantai vinyl. Meskipun memiliki estimasi biaya pembuatan lapangan futsal rumput sintetis yang lebih mahal jenis lapangan futsal ini memiliki cukup banyak peminat. Adapun jenis bahan yang digunakan pada lapangan ini memiliki model yang menyerupai karpet sehingga dapat digulung.

Kelebihan dari lantai vinyl pada penggunaan lapangan futsal adalah memiliki sifat yang empuk dan tidak gampang kotor. Selain itu penggunaan dari lantai vinyl memiliki kesan paling mewah dibandingkan dengan jenis lapangan futsal lainnya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan lapangan futsal ini masih dibagi menjadi tiga jenis.

Jenis yang pertama adalah tipe Vinyl Aite A 29145 yang dibanderol dengan harga 25 juta dengan ketebalan 4.5 m untuk materialnya saja. Jenis yang kedua adalah tipe A 23145 dinilai dengan harga 28 juta. Sementara itu untuk tipe yang terakhir adalah A 28147 yang dibanderol dengan harga lebih mahal yaitu 30 juta rupiah.

Adapun hal yang membedakan diantara ketiga tipe tersebut adalah ketebalan beserta jenis lapisan vinylnya. Jika dimisalkan dengan membuat lapangan berukuran 26 x 16 m. Maka rincian biayanya yaitu terdiri dari Vinyl Type LITCHI seharga Rp300.000 dikalikan dengan luas total yaitu 416 m kuadrat.

Diperoleh hasil dari perhitungan tersebut sebesar Rp.124.800.000 yang termasuk biaya line, welding rod, dan juga biaya pasang. Sementara itu untuk rincian biaya lainnya yang dibutuhkan yaitu terdiri dari jaring keling D 60 mm dan juga tiang gawang beserta jaringannya. Masing-masing dari masing-masing dari pengeluaran tersebut yaitu sebesar Rp.22.000.000 dan Rp.4.500.000.

Jika ditotal secara keseluruhan maka akan diperoleh nilai Rp.151.300.000 untuk dana yang dibutuhkan. Total dari biaya keseluruhan yang dihasilkan tersebut merupakan harga diluar mobilitas barang dan ongkos tukang. Selain itu nilai tersebut juga di luar biaya lem fox untuk kebutuhan sesuai luas lapangan dan penyediaan scaffolding 4 set.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Sintetis

Adapun untuk rincian biaya lapangan dengan ukuran 26 x 16 m dibutuhkan beberapa pengeluaran. Pengeluaran yang pertama adalah biaya rumput sintetis per meternya yaitu sebesar Rp300.000 dikalikan dengan luas keseluruhan sebesar 416 meter persegi. Jumlah dari perhitungan tersebut diperoleh nilai sebesar Rp.124.800.000 yang sudah termasuk biaya rubber, lakban gosok, line, dan juga biaya pasang.

Rincian pengeluaran lainnya yaitu jaring paling besar benang D60 sebesar 22 juta yang sudah termasuk biaya selling, dynabolt, dan pemasangannya. Selain itu juga membutuhkan pengeluaran untuk satu set gawang beserta jaringannya yaitu sebesar Rp4.500.000.

Jika ditotal maka keseluruhan biaya pembuatan tersebut akan diperoleh nilai Rp.151.300.000. Biaya pembuatan lapangan futsal sintetis tersebut merupakan di luar dari harga mobilitas barang dan ongkos tukang PP.

Itulah beberapa informasi terkait estimasi biaya pembuatan lapangan berdasarkan jenis lantainya. Saat ini sudah terdapat banyak sekali perusahaan yang dapat dipilih terkait penyediaan jasa pembuatan lapangan futsal. Adapun salah satu dari penyedia jasa tersebut yang sudah dipercaya oleh cukup banyak pebisnis penyewaan lapangan futsal adalah Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri.

Penyedia jasa pembuatan lapangan futsal tersebut sudah memiliki berbagai macam pengalaman yang handal. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan lapangan futsal sesuai dengan keinginan anda. Jika penasaran, Anda dapat langsung menghubungi kontaknya dengan nomor 082278811199 sekarang juga.

 

Baca juga: Harga Karpet Lapangan Futsal dan Rumput Sintetis Lapangan Futsal

baihaqi

Recent Posts

Jasa Kontraktor Kolam Renang di Jakarta Selatan

Di tengah kesibukan perkotaan, impian memiliki kolam renang di rumah menjadi semakin menarik bagi banyak… Read More

3 weeks ago

Anjuran Biar Jago Bermain Futsal Sabang

Anjuran Biar Jago Bermain Futsal  Sabang Biar Jago adalah rubrik yang mengulas privat kiat juga… Read More

3 weeks ago

Cara Bermain Futsal Agar Jago Bermain

Cara Bermain Futsal Agar Jago Bermain Strategi Bermain Futsal Agar Jago Bermain Sebagai seorang pemain… Read More

3 weeks ago

cara bermain futsal dengan tenang

cara bermain futsal dengan tenang Agar Jago yaitu rubrik yang mengulas khusus anjuran juga strategi… Read More

3 weeks ago

Anjuran Biar Jago Bermain Futsal Surabaya

Anjuran Biar Jago Bermain Futsal  Surabaya Agar Jago merupakan rubrik yang mengkaji privat kiat juga… Read More

3 weeks ago

teknik futsal skill

teknik futsal skill Agar Jago adalah rubrik yang mengkaji spesial kiat juga kiat yang dapat… Read More

3 weeks ago